Hal Yang Harus Diketahui Tentang Suku Dayak


dayak
Banyak mitos yang beredar tentang suku dayak di kalimantan, tapi tidak semuanya benar, berikut fakta sebenarnya tentang suku dayak di kalimantan yang acidtoysvocetos.com kutip dari okezone.
Suku Dayak di Kalimantan merupakan salah satu warisan budaya yang harus dipertahankan keberadaannya. Pasalnya, masyarakat di sana masih menjalankan tradisi nenek luhur dalam kehidupan sosial.

Kehidupan sosial mereka masih lekat dengan kepercayaan adat, namun mereka juga tetap mengadaptasi kehidupan modern, bahkan memiliki toleransi beragama yang kuat di sana.

Masih banyak lagi fakta kehidupan sosial Suku Dayak yang menarik untuk diulas, karena belum banyak diketahui. Yuk simak kutip dari factsanddetails, Jumat (13/1/2017).

1. Ada sebuah acara penyambutan bernama Potong Pantan untuk pengunjung. Kepala adat akan meminta pengunjung mencabut tanaman untuk menghilangkan jiwa iblis.

2. Suku Dayak tinggal di pinggiran Sungai Borneo, mereka hidup dengan mengandalkan kekayaan alam di sana. Dari mulai bercocok tanam, hingga berkebun. Suku Dayak juga suka membuat kerajinan tangan dari rotan, damar, dan getah yang dihasilkan dari pohon karet.

3. Di Dayak mereka biasa hidup bersama banyak keluarga di rumah panjang. Untuk melihat kehidupan, Anda bisa minta diantarkan untuk keliling menggunakan kano.

4. Orang Dayak tak pernah menggunakan alas kaki di manapun mereka berada termasuk saat masuk ke hutan. Mereka juga suka untuk telanjang dada tidak peduli dengan cuaca atau binatang seperti lintah yang banyak ditemukan di sana.

5. Ada hasil produksi unik di sana, ialah keranjang bayi yang terbuat dari rotan yang dihiasi dengan gigi buaya, cakar beruang, koin, gigi anjing dan banyak lagi. Hiasan ini dipercaya dapat menjaga bayi dari godaan jiwa iblis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »