Manfaat Rutin Olah Raga Renang

Kolam Renang

Salah satu jenis olah raga yang cukup menyenangkan adalah berenang. Olah raga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan usia orang, bahkan bayi dan ibu hamil pun tetap bisa melakukannya sehingga dijadikan sebagai pilihan. Berenang cukup dilakukan selama 20-30 menit setiap harinya dan dilakukan di rumah dengan bantuan jasa pembuatan kolam renang yang terpercaya ini.

Selain itu, masih banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan olah raga yang satu ini.  Simak manfaatnya di bawah ini:

1.    Menyehatkan jantung
Berdasarkan studi oleh Counsiman Center for the Science of Swimming Human Performance Laboratory di Indiana University, berenang memiliki dampak yang positif bagi kesehatan jantung. Dengan berenang, risiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Hal ini karena saat berenang kita menggerakan hampir seluruh tubuh dan membuat otot-otot kita bekerja, terutama pada kaki dan tangan. Gerakan aerobik yang dilakukan ini yang menyebabkan jantung menjadi lebih kuat dan sekaligus memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.

2.    Menambah tinggi badan
Berbagai macam olah raga sering kali dicoba agar membantu mempercepat menambah tinggi badan, salah satunya adalah olah raga basket. Namun, dengan berenang pun dipercaya dapat menambah tinggi badan. Menurut para ahli, saat berenang otot-otot tubuh kita banyak digerakkan dan memicu hormon pertumbuhan bekerja dengan baik yang membantu menambah tinggi badan.


3.    Mengurangi tingkat stress
Alasan mengapa olah raga ini lebih sering dilakukan saat menikmati akhir pekan bersama keluarga atau sedang menikmati hari libur adalah karena berenang merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Dengan berenang, tubuh kita bersentuhan langsung dengan air dan menyebabkan kita menjadi lebih tenang dan lebih rileks, apa lagi sekarang olah raga ini sering dijadikan sebagai tempat wisata yang membuat berenang menjadi hal yang jauh lebih menyenangkan.

4.    Membantu perkembangan anak
Saat ini, tak jarang para orang tua yang sering mengajak buah hatinya yang terutama masih bayi untuk berenang bersama. Hal ini ternyata memiliki dampak yang sangat baik bagi si kecil. Dengan berenang, akan membantu perkembangan sel-sel motorik karena bayi dapat menggerakkan tubuhnya dengan bebas di kolam renang. Berenang juga diklaim mampu meningkatkan perkembangan saraf dan sistem kekebalan tubuh. Dengan berada di lingkungan yang berbeda dari biasanya tentunya akan membantu bayi untuk bisa beradaptasi dengan lingkungannya dan membuat bayi lebih memiliki keberanian.

5.    Memiliki bentuk tubuh ideal
Tubuh ideal sering kali menjadi dambaan banyak orang, terutama bagi para kaum wanita. Namun sayangnya, dambaan tersebut sering kali tidak diimbangi dengan usaha yang seimbang karena untuk memilliki tubuh yang ideal sering disangka menjadi sebuah hal yang sulit. Tapi ternyata, dengan berenang gaya dada selama 10 menit mampu membakar 100 kalori yang kurang lebih setara dengan menari salsa selama 20 menit. Sedangkan untuk mengurangi berat badan sebanyak satu kilogram, harus diimbangi dengan pembakaran kalori sebanyak 7700 kalori.

6.    Meningkatkan kinerja otak
Aliran darah yang mengalir ke otak meningkat sampai 14% saat kita sedang berenang dan menenggelamkan diri sampai dengan setinggi dada. Hal ini menurut pendapat para ahli dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan membuat kinerja otak meningkat dan tentunya membuat otak bekerja lebih baik.

7.    Membantu awet muda
Saat berenang, tubuh kita bergerak dengan usaha yang jauh lebih keras karena gerakan di udara dan gerakan di air berbeda. Saat kita bergerak di air, kita berusaha sekitar 12 kali lebih keras dibandingkan saat kita bergerak biasa. Karena itulah, tubuh kita semakin menjadi kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Ini yang menurut para ahli membuat lebih awet muda karena tubuh kita akan lebih kuat dan mampu beraktivitas lebih kuat jika dibandingkan dengan yang tidak memiliki kebiasaan berenang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »